Aqidah dan Akhlak


APA ITU AQIDAH ISLAM ?


APA ITU AQIDAH ISLAM ?


sumber: muh-amiruddin-salem.blogspot.com

Assalamu'alaikum wr.wb

 Ketemu lagi dengan saya di blog Putr[A]kece.sekarang saya akan mensharing dan menjelaskan arti dari Aqidah yang pernah saya pelajari ketika di bangku MTs.Yaa gini gini juga saya ini lulusan MTs dungs hhehe.Ketika saya belajar di MTs , ya nama sekolahnya itu MTs Rohmatul Ummah di Narimbang. Ketika saya belajar di MTs,saya mendapat banyak ilmu keagamaan yang salahsatunya ini tentang Aqidah dan Akhlak. 

  Pertama kali kita belajar Aqidah Islam,kita harus tahu dulu apa itu arti dari Aqidah,betul? Kita harus mengenali dulu,Apa yang di maksud Aqidah? Mari simak dengan Seksama. 
Bismillahirrahmanirrahim

 •>APA ITU AQIDAH 
 Aqidah menurut bahasa => berasal dari bahasa arab, yaitu Aqada(عقد) yang berarti Ikatan. 

Aqidah menurut istilah ialah kepercayaan yang pasti dan keputusan yang muktamat tidak bercampur dengan syak atau keraguan pada seseorang yang berakidah sama ada akidah yang betul atau sebaliknya. Aqidah Islam adalah dasar dasar pokok kepercayaan atau keyakinan hati seorang muslim yang bersumber dari ajaran Islam.Allah SWT. berfirman :
artinya: "Sesungguhnya orang orang yang berkata "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata) janganlah kamu merasa takut dan jangan kamu merasa bersedih hati."

•>Dasar Dasar hukum Aqidah 
  1. Al-Qur'an => firman Allah SWT yang diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW. melalui malaikat Jibril. Aqidah Islam yang sesuai dengan kehendak Allah SWT. mengikuti Al-Qur'an adalah yang memiliki Aqidah yang benar . Aqidah Islam termuat dalam 2 kalimah syahadat.
  2.  Hadist => segala ucapan,perbuatan,dan taqrir (sikap diam) Nabi Muhammad SAW. Alasan hadist dijadikan dasar hukum kedua ,yaitu :
  • Segala yang diucapkan Rasulullah SAW. Selalu berdasarkan wahyu dari Allah SWT.
  • Allah SWT. menyuruh manusia mengikuti kebenaran yang disampaikan​ Rasulullah SAW.
  • Hadits menjelaskan keterangan Al-Qur'an yang masih bersifat global.


   3 Unsur yang tidak mungkin dipisahkan dalam Aqidah Islamiyyah adalah :
  • Islam => kata Islam berasal dari bahasa Arab,yaitu اسلم،يسلم،اسلاما , yang artinya adalah patuh,tunduk, menyerahkan diri, dan selamat
  • Iman => menurut bahasa adalah kepercayaan,Sedangkan menurut istilah , Iman adalah membenarkan dengan hati , mengucapkan dengan lisan , dan dilaksanakan dengan anggota badan (perbuatan).
  • Ihsan => berasal dari bahasa Arab , احسن-يحسن-احسانا yang berarti kebaikan. Ihsan adalah perbuatan baik sebagai bentuk penghambaan dari kepada Allah sebagai makhluk individu , yaitu hubungannya dengan Allah maupun sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesama.

Adapun Tujuan mempelajari Aqidah Islam ialah :
  1. Untuk mengetahui petunjuk hidup yang benar dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang salah.
  2. Untuk menghindarkan diri dari pengaruh yang sesat .

Artinya :"dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa."

 Manfaat mempelajari Aqidah Islam :
  1. Memperoleh petunjuk hidup yang benar
  2. Memperoleh ketentraman dan kebahagiaan hidup
  3. Tidak mudah terpengaruh kemewahan hidup di dunia
  4. Mendapat jaminan surga dan selamat dari Neraka
Ya segitu saja mungkin yang bisa saya sampaikan . Semoga bermanfaat bagi semuanya . Terimakasih atas kunjungan nya dan jangan lupa Cantumkan komentar anda di bawah .Sekian dan Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr.wb
    

APA ITU AQIDAH ISLAM ?

0 Response to "APA ITU AQIDAH ISLAM ?"

Post a Comment